Jawaban Pertanyaan Mengenai Hukum Qurban Wajib Atau Sunnah

Memberikan hewan qurban untuk disembelih biasanya dilakukan masyarakat ketika Hari Raya Idul Adha. Pada hari itu, Anda dapat untuk memberikan hewan kurban untuk disembelih dan kemudian dibagikan dengan masyarakat sekitar. Memberikan hewan kurban untuk disembelih ini sendiri merupakan salah satu ritual keagamaan yang dilakukan pada Idul Adha. Dimana masih banyak yang mempertanyakan mengenai hukum qurban wajib atau sunnah sebenarnya.

 

Oleh karena itulah artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai hukum qurban ketika Idul Adha tersebut. Dimana hukum qurban sebenarnya adalah merupakan sunnah muakkah yaitu sunnah yang ditekankan. Anda dapat untuk memberikan hewan kurban ketika Idul Adha tetapi juga bisa untuk tidak memberikannya. Sehingga Anda tidak wajib untuk membeli hewan kurban dan disembelih untuk dibagikan kepada sesama. Hukum sunnah dalam mengeluarkan dan membeli hewan kurban ketika Idul Adha ini diberikan oleh beberapa ulama. Akan tetapi hukum sunnah tersebut bisa menjadi wajib dalam beberapa hal. Dimana ada beberapa ulama yang juga beranggapan bahwa hukum berkurban ketika Idul Adha itu bisa menjadi wajib dan tidak sunnah.

 

Banyak ulama yang mengatakan bahwa hukum berkurban hewan ketika Idul Adha sebenarnya adalah sunnah. Akan tetapi ketika beberapa hal tertentu bisa untuk menjadi wajib sama halnya dengan ibadah naik haji. Dimana bisa menjadi sunnah untuk yang mampu, bukan hanya dari segi kemampuan ekonomi saja tetapi juga kesehatan yang mendukung. Oleh karena itulah bagi yang tidak mampu seperti tidak mempunyai ekonomi yang mendukung dan juga tidak sedang dalam kesehatan yang baik. Maka orang tersebut tidak diharuskan untuk dapat berhaji dan berangkat ke tanah suci. Hal tersebut juga berlaku ketika harus berkurban saat Idul Adha dimana walaupun hukumnya sunnah tetapi juga bisa menjadi wajib.

 

Hukum tersebut bisa menjadi wajib dan dianut oleh sebagian kecil ulama adalah ketika masyarakat mempunyai harta yang cukup tetapi tidak mau untuk membeli hewan kurban. Anda yang mempunyai cukup dana tetapi dengan sengaja tidak mengeluarkan hewan kurban untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat maka hal tersebut dianggap tidak baik dan hukumnya dosa bagi sebagian ulama. Hal tersebut menunjukkan bahwa umat tersebut tidak taat perintah Allah dan tidak mau berkurban seperti makna dari Hari Raya Idul Adha sendiri.

 

Padahal sebenarnya ada banyak cara untuk tetap berkurban walaupun tidak mempunyai cukup harta yang ada. Misalnya banyak masyarakat yang berusaha menabung bertahun-tahun untuk dapat berangkat haji. Begitu juga dengan mengeluarkan hewan kurban ini dimana Anda bisa untuk menabung terlebih dahulu untuk membeli hewan kurban yang dibutuhkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada niat untuk dapat menjalankan perintah agama untuk berkurban.